Belajar Elektro

Random post

Belajar Elektro

Powered By Blogger

Monday 19 August 2013

Saklar Sentuh IC NE555

Saklar sentuh dengan IC NE555 untuk kontak pengaman

Dalam dunia elektro banyak sekali yang bisa kita rakit, salah satunya adalah saklar sentuh ini’ di lihat dari segi kegunaan banyak sekali manfaat dari alat yang satu ini di antaranya adalah sebagai pengaman kendaraan kita dari pencuri dengan memanfaatkanya sebagai saklar rahasia untuk kendaraan kita dengan bentuk yang sederhana dan mudah untuk di rakit’ bahkan dengan sedikit modifikasi saja alat ini bisa juga di rubah menjadi saklar jarak jauh dengan memberinya infut dari hp kita sehingga bisa untuk di kontrol dari jarak jauh sekalipun.
Penasaran seperti apa sebenarnya skematik saklar sentuhnya? sebenarnya rangkaian ini cukup sederhana hanya menggunakan beberapa komponen elekronika diantaranya rangkaian ini menggunakan komponen utama sebuah IC (integrated circuit) NE555 dan beberapa komponen tambahan seperti Transistor, resistor dan kondensator. Semua komponen elektronik yang digunakan Saya rasa cukup mudah didapatkan ditoko-toko elekronik yang menjual spare part elektro desekitar kita.

Berikut skema rangkaiannya:



Datar Komponen:
R1,R2 : 3,3M 1/4 watt
R3 : 10K
R4 : 1K
C1 : 10nF
D1 : 1N4148
D2 : LED (Ligth Emiting Diode)
IC1: NE555
Q1: BC547
RL1 : Relay
Sensor1 dan 2 : Plat logam.
Saklar sentuh elektronik diatas dapat berfungsi sebagai ON/OFF digital, dengan komponen yang cukup sederhana, tentu tidaklah sulit untuk membuatnya. Transistor BC547 merupakan transistor jenis NPN berfungsi sebagai penguat sinyal atau arus dari IC 555 untuk dteruskan ke relay 1. Sensor 1 bila kita sentuh maka ON dan sebaliknya apabila sensor 2 yang kita sentuh maka OFF.
Applikasi
Rangkaian saklar sentuh ini bisa kita aplikasikan sebagai :
Saklar di walkie
Saklar untuk pompa air
Saklar lampu
saklar kendaraan
dan masih banyak yang lainnya
Ok bro n sis Saya rasa cukup jelas oret-oretan saya mengenai Rangkaian saklar sentuh menggunakan IC 555.

Selamat mencoba!!!!!!!

Created By : nopringki



novrngky.blogspot.com

0 comments: